Header Ads

Read Me First - Behind The Scene

Read Me First - Behind The Scene


Sebelum membaca alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu cerita mulanya lahirnya blog ini.
Si Penulis awalnya adalah newbie di dunia saham di tahun 2007. Pada waktu itu ada euforia saham BUMI. Cuan luar biasa tentunya. Tetapi pada tahun 2008. BUMI hancur lebur nilainya membuat penulis rugi ratusan juta rupiah. Kerugian yang timbul dari akibat newbie yang belum belajar mengenai saham ini menimbulkan minat si penulis untuk menggeluti dan belajar saham. Hal ini diperjuangkan oleh penulis maka penulis yang latar belakangnya Sarjana Ekonomi dan Komputer lulusan Bina Nusantara yang awalnya bekerja di perbankan Citibank pun pindah menjadi broker saham pada perusahaan broker saham yang ternama di tahun 2008 yaitu PT. Trimegah Securities kode saham TRIM ataupun kode broker LG. Penulis sangat semangat mempelajari dunia ini sehingga dalam pekerjaan menjadi broker saham sambil kuliah Pasca Sarjana Ekonomi di Universitas Bina Nusantara (S2). Karena terlalu bersemangat dalam meriset data hal ini berdampak buruk pada kurangnya jam tidur si Penulis. Hal inilah menjadi dampak buruk di tahun 2009 si Penulis kecelakaan 3 x dalam 1 tahun (Jatuh dari motor karena ketiduran). Karena kegiatan kuliah dan pekerjaan riset yang terlalu banyak yang dilakukan oleh penulis. Sehingga ketika dalam proses perkuliahan akhir pembuatan tesis si penulis mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Dan setelah kuliah selesai si Penulis membantu usaha orang tua yaitu dibidang Heavy Equipment dan transportasi di pekanbaru. Si Penulis hanya mengolah portofolio saham sendiri di tahun 2010 - sekarang.

Berjalannya waktu si penulis mempelajari analisa fundamental saham perusahaan dan mulai menemukan gaya investasi yang disukai. Dan ini menimbulkan niat dan impian penulis untuk belajar lebih dan lebih lagi dalam dunia saham.

Pada awal tahun 2017 penulis ingin menganalisa fundamental perusahaan tetapi data tersebut sangat sulit ditemukan dan tidak sesuai dengan yang diinginkan penulis. Kesulitan menemukan data inilah yang menimbulkan minat dan keinginan penulis untuk membuat kamus fundamental saham versi sendiri dan membagikan data hasil riset tersebut kepada teman - teman dalam kelompok kecil.

Akan tetapi berjalannya waktu ketika berbagi hasil analisa muncul lah ide bahwa jangan hanya teman - teman atau kalangan sendiri saja yang menikmati hasil analisa tetapi bukalah untuk umum terutama bagi investor baru atau yang biasa disebut para newbie. Supaya mereka memiliki panduan jangan sampai mengalami nasib sama seperti penulis yang rugi lumayan dalam terlebih dahulu. Sehingga hasil analisa pun dibagikan kepada umum secara gratis.

Penulis tidak pernah dibayar untuk menulis ataupun menganalisa saham. Alias semua konten kamus di blog ini adalah gratis hanya saling membantu saja. Bagi yang ingin mengambil data sebagian / seluruh isi dari blog diperbolehkan akan tetapi untuk menghargai penulis wajib disertakan sumber berupa alamat website ini.

Blog ini untuk berkembang ke masa depan maka dibutuhkan dana / sponsor. Maka penulis akhirnya menyertakan iklan dalam konten blog dan bagi siapapun yang ingin menyumbang juga welcome untuk mengirimkan dana ke rekening BCA atas nama Krisantus dengan nomor Rekening (2200449943).

Isi dari blog ini diambil dari data Laporan keuangan dari IDX dan website resmi yang bersangkutan. Sedangkan harga saham history diambil dari Yahoo Finance. Sedangkan harga adjusted EPS itu adalah data yang disesuaikan oleh penulis dengan keadaan agar data tersebut tidak membingungkan pembaca pemula / newbie.

Seiring dengan analisa fundamental saham berlanjut dari newbie menjadi pembahasan lebih dalam sehingga blog ini juga awalnya hanya membahas hal yang mudah dipahami tetapi akan diupdate semakin lama semakin dalam. Sehingga bagi pembaca newbie - pro pun membutuhkan data dari blog ini. Tetapi awalnya fokus lebih kepada para newbie. Tetapi masa depan blog ini akan membahas lebih dalam sehingga pembaca professional pun merasa blog ini penting.

Untuk bergabung dan komunitas ini boleh bergabung dengan join Chat Group kami di Telegram dengan mengklik link ini --> Group Telegram Fundamental Saham AFSI
Terima kasih telah membaca dan mensupport group ini.

Salam,
Krisantus (Bozdiamond)


loading...

1 comment: